Kamis, 27 Juni 2013

Pemeriksaan Urine Lengkap (Cara Stik Manual)


a.  Prinsip
Stick dicelupkan dalam urin. Kadar protein diukur berdasarkan perubahan warna yang terbentuk. Derajat perubahan warna ditentukan oleh kadar protein dalam urin, sehingga perubahan warna itu menjadi ukuran semikuantitatif pada proteinuria. Indikator yang terdapat dalam carik celup ialah tetrabromphenolblue yang berwarna kuning pada pH 3 dan berubah warna menjadi hijau sampai hijau-biru sesuai dengan banyaknya protein dalam urin (Gandasoebrata, 2006).
b.  Alat - alat
Alat yang digunakan dalam pemeriksaan protein urin adalah :
1)  Wadah urine
2)  Kemasan stick/ warna standar
c.   Bahan – bahan
1)  Urin
d.  Cara kerja
Gambar 3.1 Interpretasi Hasil Cara Carik Celup
1)  Urin ditampung dalam wadah kering dan bersih.
2)  Dicelupkan stick pemeriksaan urin lengkap pada sampel urin.
3)  Didiamkan sesaat hingga sampel urin naik berdasarkan gaya kapilaritasnya.
4)  Diamati, dibandingkan dengan warna standar pada kemasan dan dicatat hasilnya.

1 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb, saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada Bpk BUDI SUHARTONO Yg bekerja di BKN pst yg telah membantu kelulusan saya dan sepupu saya untuk lulus CPNS online, saya selalu ingat kata kata bpk bahwa yg mau di terima Cuma 30% sedankan yg mendaftar sekitar 10.000 lebih, jadi kalau tdk ada pegangan memang sulit, Teman teman seperjuangan, sebelumnya saya menjadi guru tenaga honorer kurang dari 7thn dissekolah dasar negeri di probolinggo dan alhamdulillah tahun kemarin saya terangkat menjadi pengawai negeri sipil berkat bantuan Bpk Drs.BUDI SUHARTONO Yg bekerja di BKN pst, beliaulah yang selama ini membantu saya dan sepupu saya menjadi seorang PNS. Teman teman yg ingin di bantu seperti saya silahkan hubungi Bpk Drs.BUDI SUHARTONO Tlp.0853-1144-2258 Siapa tau Bpk mau bantu.

    BalasHapus