Kamis, 27 Juni 2013

PP Test ( Tes Kehamilan) dengan Dipstick


a.  Prinsip
Strik diteteskan dengan urin kemudian urin akan memenuhi membran dalam strik berdasarkan gaya kapilaritasnya. Apabila kadar HCG dalam urin melebihi ambang batas maka terbentuk garis berwarna pada daerah test, sedangkan  apabila kadar HCG dalam urin kurang dari ambang batas atau tidak mengandung HCG maka tidak akan terbentuk garis berwarna pada daerah test. Sebagai kontrol akan selalu terbentuk garis berwarna pada daerah  kontrol akan berwarna pada daerah kontrol hal ini untuk menandakan bahwa volume urin yang diserap telah memenuhi membran dari strip tersebut (Sacher, 2000).
b.  Alat
Alat yang digunakan dalam pemeriksaan PPT Kehamilan:
1.   Wadah urin
2.   Stik pemeriksaan PPT
3.   Pipet tetes
c.   Bahan
Bahan yang digunakan dalam pemeriksaan PPT Kehamilan adalah:
1.    Urin
d.  Cara kerja
1.    Ditampung urin dalam wadah kering dan bersih.
2.    Diteteskan urin sebanyak 3 tetes pada stik pemeriksaan PPT kehamilan.
3.    Didiamkan sesaat hingga urin naik berdasarkan gaya kapilaritasnya.
4.    Diamati dan dicatat hasilnya.
e.  Interprestasi hasil
1.    Positif             :  Jika terdapat 2 garis di daerah control line
2.    Negatif           :  Jika terdapat 1 garis di daerah control line
3.    Invalid                        :  Jika terdapat 1 garis di daerah test line

3 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb, saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada Bpk BUDI SUHARTONO Yg bekerja di BKN pst yg telah membantu kelulusan saya dan sepupu saya untuk lulus CPNS online, saya selalu ingat kata kata bpk bahwa yg mau di terima Cuma 30% sedankan yg mendaftar sekitar 10.000 lebih, jadi kalau tdk ada pegangan memang sulit, Teman teman seperjuangan, sebelumnya saya menjadi guru tenaga honorer kurang dari 7thn dissekolah dasar negeri di probolinggo dan alhamdulillah tahun kemarin saya terangkat menjadi pengawai negeri sipil berkat bantuan Bpk Drs.BUDI SUHARTONO Yg bekerja di BKN pst, beliaulah yang selama ini membantu saya dan sepupu saya menjadi seorang PNS. Teman teman yg ingin di bantu seperti saya silahkan hubungi Bpk Drs.BUDI SUHARTONO Tlp.0853-1144-2258 Siapa tau Bpk mau bantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas penipuan, jangan lewat jalur belakang, ntar keciduk, mending dengan usaha sendiri, lebih berkah pekerjaannya. Mohon maaf bila ada salah kata

      Hapus